24
Jan

Rahim atau uterus adalah organ reproduksi penting dalam tubuh wanita, dimana disitulah tempat bertumbuh dan berkembangnya seorang janin. Bentuknya seperti buah pear terbalik, dimana didalamnya terdapat rongga rahim, dan di sekelilingnya diliputi oleh lapisan-lapisan otot.

Nah, kadang kaum awam -atau mungkin beberapa di antara kita- sering mendengar atau menyebut istilah rahim terbalik, atau ada juga yang menyebut rahim jauh. Apa sih sebenarnya itu? Suatu kelainan yang berbahayakah? Benarkah ini dapat mempengaruhi kesuburan?

Rahim terbalik hanyalah suatu istilah awam yang dalam bahasa medisnya lebih dikenal sebagai retroflexed (or tilted) uterus. Pada kondisi normal posisi rahim cenderung membengkok ke depan, sedangkan pada tilted uterus, posisi rahim condong ke belakang (lihat gambar). Ini adalah suatu variasi normal dalam anatomi organ tubuh rahim, dan terjadi pada sekitar 10-20 persen wanita di dunia ini.

Pendapat lama (atau juga pendapat umum yang berkembang di masyarakat) menganggap bahwa posisi rahim terbalik atau condong ke belakang itu akan mempersulit kemungkinan hamil. Padahal penelitian terakhir menyebutkan bahwa posisi rahim seperti itu ternyata tidak akan mempengaruhi kemampuan sel sperma untuk mencapai sel telur yang matang. Jadi posisi anatomis itu bukanlah faktor penentu dalam hubungannya dengan faktor kesuburan.

Pada beberapa kasus tertentu (jarang terjadi), posisi rahim terbalik bisa berkaitan dengan kejadian endometriosis. Nah, kadang faktor infertilitas (ketidaksuburan) mungkin terjadi akibat peristiwa endometriosis itu -dan bukan karena posisi rahim nya yang retrofleksi.

Jadi, kalau ada wanita hamil yang mendengar diagnosa posisi rahim terbalik, atau retroflexed uterus atau tilted uterus, jangan keburu panik yah. Itu hal yang normal kok, dan tidak berpengaruh secara langsung pada kesuburan.

No Comments

  • Be the first to comment on this article!

Leave Your Comment

If you want to post comments about this article, you must be logged in as mom(me)world member. Don't have an account? Registration is free. :)

Raih poin-nya dengan cara membaca artikel, share ke social media, invite friends untuk bergabung, dan mengikuti aktivitas di mommeworld.com

Kumpulkan poin-nya dan raih kesempatan memenangkan hadiah menarik tiap bulannya!

Jika anda sudah memiliki akun Facebook

Bergabung menggunakan akun Facebook

Get In Touch

Contact Form

* indicates area required

Welcome to