24
Jan

Saat kehamilan memasuki trimester 2 dan 3, keluhan-keluhan seperti mual muntah biasanya sudah sangat mereda bahkan sudah tidak pernah mengganggu lagi. Tapi kemudian muncul gejala lain sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan, yaitu kaki yang membengkak.

Apa sih yang menyebabkan kaki bengkak? Saat hamil, kondisi hormonal memang menyebabkan tubuh untuk menahan jumlah air dalam tubuh, dan juga menggeser cairan tubuh ke beberapa jaringan. Selain itu, karena ukuran rahim yang kian membesar, maka hal itu akan menekan vena cava (pembuluh darah balik), sehingga memperlambat aliran balik cairan dalam pembuluh darah tersebut, yang mengakibatkan terkumpulnya cairan tersebut di daerah kaki dan pergelangan kaki. Inilah yang menyebabkan timbulnya bengkak.

Beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan oleh pregnant moms adalah:

  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama tanpa merubah posisi.
  • Usahakan untuk melakukan stretching secara berkala pada kaki Anda. Gerak-gerakkan kaki dan pergelangannya saat Anda sedang duduk.
  • Jangan menyilangkan kaki atau pergelangan kaki (atau menindihnya dengan badan) saat duduk.
  • Jangan memakai pakaian atau celana atau stocking yang terlalu ketat.
  • Saat tidur, sebaiknya menghadap ke satu sisi (biasanya dianjurkan sisi kiri). Juga lebih baik jika kaki agak diangkat sedikit.
  • Berolahraga secara teratur (seperti: berenang, jalan pagi, dan lainnya) akan membantu sistem peredaran darah ibu hamil, sehingga biasanya keluhan bengkak juga lebih jarang ditemui.
  • Konsumsi diet sehat, dan hindari junk food.

Kecuali bengkak tersebut terjadi tiba-tiba dan parah, dan bahkan terjadi bengkak di daerah wajah, maka sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan diri ke dokter kandungan, untuk mengeliminasi kemungkinan terjadinya preeklampsia. Atau juga jika bengkak tersebut hanya terjadi pada satu kaki secara signifikan, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Okai, have a healthy pregnancy!

No Comments

  • Be the first to comment on this article!

Leave Your Comment

If you want to post comments about this article, you must be logged in as mom(me)world member. Don't have an account? Registration is free. :)

Raih poin-nya dengan cara membaca artikel, share ke social media, invite friends untuk bergabung, dan mengikuti aktivitas di mommeworld.com

Kumpulkan poin-nya dan raih kesempatan memenangkan hadiah menarik tiap bulannya!

Jika anda sudah memiliki akun Facebook

Bergabung menggunakan akun Facebook

Get In Touch

Contact Form

* indicates area required

Welcome to