24
Aug

Amankah Menyusui saat Hamil

Amankah Menyusui Saat Hamil

 

Ide penulisan artikel ini berawal dari pertanyaan salah satu followers mommeworld di facebook dan twitter, yang menanyakan “Amankah jika seorang ibu yang sedang menyusui bayinya ternyata kemudian mendapati bahwa dia juga sedang hamil”.

Seorang ibu yang masih menyusui bayinya dan kemudian -sengaja atau tanpa rencana- mengetahui bahwa dirinya hamil, biasanya akan mempertanyakan apakah proses menyusui tetap boleh dilanjutkan atau berbahayakah itu bagi kehamilannya.

Pada sebagian besar kasus, menyusui saat hamil relatif aman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kecukupan nutrisi dan cairan bagi si ibu. Karena di samping ia membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan menyusui bayinya, di sisi lain ia juga sedang hamil dan membutuhkan pula extra nutrisi untuk si janin dalam kandungannya. Nutrisi yang seimbang ini tentunya bisa dicukupi dari cakupan diet sehat, atau juga dengan bantuan suplemen seperti tablet vitamin. Cairan juga adalah hal yang penting diperhatikan, karena ibu menyusui jangan sampai mengalami kondisi dehidrasi.

ASI akan tetap dapat diproduksi walaupun seiring berjalannya usia kehamilan juga akan menurun dengan sendirinya, komposisi dan rasa di dalam ASI juga akan berubah biasanya – dan ini juga akan menjadi faktor dimana si bayi lambat laun akan mulai berhenti minum ASI.

No Comments

  • Be the first to comment on this article!

Leave Your Comment

If you want to post comments about this article, you must be logged in as mom(me)world member. Don't have an account? Registration is free. :)

Raih poin-nya dengan cara membaca artikel, share ke social media, invite friends untuk bergabung, dan mengikuti aktivitas di mommeworld.com

Kumpulkan poin-nya dan raih kesempatan memenangkan hadiah menarik tiap bulannya!

Jika anda sudah memiliki akun Facebook

Bergabung menggunakan akun Facebook

Get In Touch

Contact Form

* indicates area required

Welcome to