12
Feb

Buah dan Sayuran Meningkatkan Kualitas Sperma

buah dan sayuran meningkatkan kualitas spermaSebuah studi di Spanyol baru-baru ini menemukan fakta bahwa antioksidan berperan penting dalam kualitas cairan semen (cairan sperma). Dalam penelitian tersebut, laki-laki yang memiliki kualitas cairan sperma yang baik ternyata rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, dibanding dengan lelaki yang kualitas spermanya rendah.

Secara ilmiah hal itu bisa dijelaskan karena buah-buahan dan sayuran mengandung kadar antioksidan yang tinggi, juga vitamin dan asam folat, yang dapat menurunkan tingkat stres oksidatif dalam sel, sehingga pada akhirnya meningkatkan konsentrasi dan mobilitas sperma dalam cairan semen.

Penelitian di atas yang dimuat dalam Journal of Fertility and Sterility, menyimpulkan bahwa diet sehat tidak hanya bermanfaat bagi tubuh kita (untuk meningkatkan pertahanan tubuh dalam menghadapi penyakit), tapi juga ternyata berperan dalam meningkatkan kesuburan reproduksi pria, yaitu kualitas cairan sperma.

Masih diteliti lagi, hubungan antara konsumsi vitamin secara natural jika dibandingkan dengan suplemen, dalam kaitannya dengan kesuburan reproduksi pria. Kita tunggu saja hasilnya!

No Comments

  • Be the first to comment on this article!

Leave Your Comment

If you want to post comments about this article, you must be logged in as mom(me)world member. Don't have an account? Registration is free. :)

Get In Touch

Contact Form

* indicates area required