26
Jan

Berendam Air Panas saat Hamil

Ide untuk menulis artikel ini muncul saat ada sebuah pertanyaan di website ini yang menanyakan tentang bolehkah wanita hamil berendam air panas. Nah, mungkin saja pertanyaan ini sempat terlintas di benak wannabe-momsSo, alangkah baiknya hari ini kita berdiskusi bersama tentang hal tersebut.

Setelah seharian lelah bekerja, berendam dalam air panas (atau hangat) memang adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika ditemani alunan musik dan lilin aromaterapi (scene film banget ga sih hehehe..). Hal itu tentu tidak akan menjadi pertanyaan jika kita tidak sedang hamil. Tapi bagaimana halnya dengan ibu hamil yang ingin bersantai dan berendam di kolam air panas atau dihot tub? Bolehkah? Berbahayakah?

Sebuah studi pada November 2003 yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa wanita yang hamil (khususnya pada trimester 1) dan sering berendam di kolam air panas atau jacuzzi, memiliki kemungkinan terjadinya keguguran sebesar 2x lipat. 

Apa kira-kira yang menjadi penyebab atau dasar pemikirannya?

Jadi para peneliti menghubungkannya dengan suhu air panas dalam kolam tersebut. Semakin tinggi suhu air dalam kolam, ternyata semakin tinggi juga risiko terjadinya keguguran atau masalah dalam kehamilan. Saat berendam dalam kolam air panas tersebut, suhu tubuh tentunya akan ikut meningkat. Nah, peningkatan suhu tubuh itulah yang menurut beberapa penelitian memiliki korelasi dengan terjadinya perubahan (turunnya) tekanan darah, yang berakibat pada turunnya pasokan darah dan oksigen ke janin. Inilah yang menjadi sumber permasalahannya.

Lalu apakah berarti hal tersebut sama sekali dilarang? Pada dasarnya selama hanya berendam sebentar, tidak terlalu masalah, karena jika hanya 10 menit dan kemudian keluar dari kolam air panas tersebut, maka tubuh akan kembali menurunkan suhunya ke angka normal. Atau suhu air di kolam di-adjust agar jangan terlalu panas. Yang lebih baik adalah sebenarnya mandi air panas, karena airnya mengalir, sehingga suhu tubuh tidak akan meningkat secara progresif. 

Jadi jika Anda hamil dan ingin bersantai dan relaksasi di kolam air panas,  hati-hatilah. Perhatikan hal-hal diatas demi meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi. Okai?

No Comments

  • Be the first to comment on this article!

Leave Your Comment

If you want to post comments about this article, you must be logged in as mom(me)world member. Don't have an account? Registration is free. :)

Raih poin-nya dengan cara membaca artikel, share ke social media, invite friends untuk bergabung, dan mengikuti aktivitas di mommeworld.com

Kumpulkan poin-nya dan raih kesempatan memenangkan hadiah menarik tiap bulannya!

Jika anda sudah memiliki akun Facebook

Bergabung menggunakan akun Facebook

Get In Touch

Contact Form

* indicates area required

Welcome to